Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Puskesmas Galur I Gelar Vaksinasi Covid-19 Mobile

18 Februari 2023


 


Kulon Progo, zonamerdeka.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo melalui tim tenaga kesehatan UPT Puskesmas Galur I yang bekerjasama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) cabang Kulon Progo menggelar Vaksinasi Covid-19 secara mobile untuk Dosis 1, 2, boster 1 dan boster 2 bagi usia 18 tahun keatas.


Kegiatan dilaksankan di Dusun Potrowangsan, Desa Tirtorahayu Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Jum'at, (17/02/2023)


Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Puskesmas Galur I, dr. Sri Utami, Direktur PKBI Cabang Kulon Progo, Rina Dwi Agustin, serta para Kader lansia Dusun Potrowangsan.


Kepala Puskesmas Galur I, dr. Sri Utami menjelaskan bahwa Puskesmas Galur I telah melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya Skrining PTM (penyakit tidak menular) pada lansia dan usia produktif (15-59 tahun) dan Vaksinasi covid-19 mobile.


Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah, gula darah, "ungkapnya. 


Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular seperti penyakit diabetes dan hipertensi, serta mendekatkan layanan vaksinasi covid-19 kepada masyarakat rentan (lansia), "ujar Kepala Puskesmas Galur I, dr. Sri Utami kepada zonamerdeka.com


Ia mengatakan sebanyak 45 (empat puluh lima) lansia yang hadir dalam kegiatan tersebut. Sebanyak 21 (dua puluh satu) yang menerima vaksinasi dengan vaksin yang diberikan, yaitu jenis vaksin pfizer.


"Tidak hanya tim dari tenaga kesehatan Puskesmas, dalam pelaksanaan kegiatan kali ini kami juga melibatkan PKBI sebagai AOC (agent of change), "imbuhnya.


Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya promotif dan preventif dalam mengendalikan penyakit tidak menular (hipertensi dan diabetes), serta tercapainya herd immunity bagi kelompok rentan (lansia). ***(Lison)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close