Notification

×

Iklan

Iklan

Polresta Barelang Raih Piagam Penghargaan dari Kemenpan RB Sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima

22 Februari 2023


 


Batam, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH menerima Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Pelayanan Prima” untuk lingkup Kepolisian Republik Indonesia Tahun 2022 yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si bertempat di  Rupatama Mabes Polri, Jakarta. Selasa (21/02/2023). 






Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin didampingi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan secara langsung kepada Polres, Polresta, Polrestabes yang meraih predikat Pelayanan Prima. Kemudian hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Anggaran DPR RI M.H Said Abdullah, Kepala Ombudsman RI Mokhammad Najih, Wakapolri Komjen. Pol. Prof. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si., PPT Madya Kementerian PANRB, Perwira Tinggi Polri, dan tamu undangan.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan Penilaian dilakukan terhadap 332 polres, polresta, polrestabes, dan polres metro se-Indonesia dengan fokus pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). 


Dari 332 Polres yang dievaluasi di Kepolisian seluruh Indonesia hanya 47 Polres/Ta yang dinyatakan mendapat kategori “Pelayanan Prima”.


Hasil ini mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, yakni tahun 2021 ada 27 polres dan 2020 ada 12 polres. Capaian ini meningkat dibanding tahun 2021 yang tercatat sebanyak 27 polres/polresta/polrestabes dan polres metro yang mendapat predikat Pelayanan Prima, sedangkan tahun 2020 hanya ada 12 polres/polresta/polrestabes dan polres metro.


Predikat ini diperoleh berdasarkan hasil nilai indeks pelayanan public lingkup polri yang di lakukan Kementrian PAN-RB dari Periode Juli – November 2022, Penghargaan diberikan kepada 66 unit kerja lingkup Polri. Sebanyak 47 satuan wilayah Polri mendapatkan penghargaan kategori Pelayanan Prima atas hasil evaluasi tahun 2022. Sedangkan, 19 unit kerja Polri mendapatkan penghargaan atas pembangunan Zona Intergritas pada tahun 2022.


47 satuan wilayah Polri Polres, Polresta, Polrestabaes yang mendapatkan penghargaan kategori Pelayanan Prima yakni, Polres Bukit Tinggi, Polres Solok Kota, Polres Payakumbuh, Polresta Pekanbaru, Polresta Barelang, Polresta Tanjung Pinang, Polrestabes Palembang, Polres Ogan Komering Ulu, Polres Tulang Bawang, Polres Metro, Polres Cilegon, Polres Metro Tangerang Kota, Polresta Cirebon, Polrestabes Bandung, Polresta Bogor Kota, Polresta Bandung, Polres Kendal, Polresta Cilacap, Polrestabes Semarang, Polres Kudus, Polresta Sleman, Polresta Yogyakarta, Polres Kulonprogo, Polresta Sidoarjo, Polres Gresik, Polresta Banyuwangi, Polrestabes Surabaya, Polres Mojokerto, Polres Malang, Polresta Malang Kota, Polres Nganjuk, Polres Lamongan, Polres tuban, Polres Gianyar, Polresta Samarinda, Polres Tanah Laut, Polres Banjar Baru, Polres Hulu Sungai Selatan, Polres Tapin, Polres Kota Baru, Polresta Banjarmasin, Polres Tanah Bambu, Polres Tabalong, Polres Kotawaringin Timur, Polres Pulang Pisau, Polres Seruyan, dan Polresta Pontianak.  


Sedangkan, 19 unit kerja Polri mendapatkan penghargaan atas pembangunan Zona Intergritas pada tahun 2022 yakni Biro Wassidik Bareskrim Polri, Polres Bontang, Polres Kutai Timur, Polrestabes Palembang, Ditpamobvit Polda Sumsel, Polres Musi Rawas, Polresta Padang, Polres Pesisir Selatan, Dipolairud Polda Kalimantan Tengah, Rumkin Bhayangkara Denpasar Polda Bali, Polres Karangasem, Rumkit Bhayangkara Polda Jambi, Biddokes Polda Sulsel, Satbrimob Polda Kalimantan Utara, Bidpropam Polda Kepri, Ditreskrimum Polda Riau, Ditpamobvit Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Rumkit Bhayangkara Semarang Polda Jawa tengah dan Rumkit Bhayangkara Banjarmasin Polda Kalimantan Selatan. 


Dalam arahannya Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf memberikan arahan kepada jajaran Polri agar terus melanjutkan iniovasi dan perbaikan kualitas semua unit layanan serta terus meningkatkan kualitas SDM Polri dengan mengembangkan kompetensi teknis, sosial, dan spiritual. Polri juga diminta untuk dapat meningkatkan dedikasi, sinergi, dan kolaborasi dengan instansi pemerintah agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang setara, aman, dan berkualitas. Polri dalam melaksanakan tugas memelihara keamanan di dalam negeri, menjaga keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum serta mengayomi dan melayani masyarakat tidak dapat terlepas dari peran dan partisipasi publik. Publik memberikan legitimasi kepada Polri. Publik menjadi mata pengawas Polri agar terus menjadi institusi yang transparan dan akuntabel. Publik pula yang membantu kelancaran kerja Polri," kata Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf. 


Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH mengucapkan sangat berterimakasih kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) atas penghargaan yang diberikan Kepada Polresta Barelang Sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Pelayanan Prima” untuk lingkup Kepolisian Republik Indonesia Tahun 2022, Semoga melalui penghargaan ini Polresta Barelang dan Jajaran dapat memacu semangat personil Polresta Barelang untuk lebih baik memberikan pelayanan publik khususnya kepada Masyarakat.


Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH juga menyampaikan terima kasih kepada Masyarakat Kota Batam telah menggunakan Pelayanan Publik Polresta Barelang dan terima kasih juga kepada seluruh personil jajaran atas capaian Predikat Pelayanan Prima dari Kemenpan RB, ini diraih bukan karena hasil kerja pimpinan saja, akan tetapi karena kerja keras semua personil dalam melakukan pelayanan di SKCK, SIM. Ucap Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH.


Jeffry-btm





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close