Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Petugas Karantina Kaimana Temukan 864 Kg Telur Tanpa Berdokumen Asal Makassar

11 Februari 2023


 



Kaimana Papua Barat - Petugas wilker karantina pertanian, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong, yang berkedudukan di Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat telah melakukan pengawasan Kontainer KM. Nggapulu dan telah ditemukan 864 Kg telur tidak berdokumen asal Makassar, dan MP tersebut sudah kita amankan di kantor Komoditas telur.ujar Penanggungjawab Wilker Karantina Pertanian Kaimana saat di konfirmasi Wartawan Sabtu pagi (11/2/2023) pukul.09.35 wit.


Ini akan ditolak ke daerah asal karena tidak bisa menunjukan dokumen karantina setelah diberikan kesempatan menunjukkan dokumen komoditas telur tersebut selama 3 hari.







 Magdalena Insoraki Sukan, S.Si selaku Penanggungjawab Wilker mengatakan Sesuai undang-Undang  No. 21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, pemilik melanggar pasal 35 yang berbunyi : 


Setiap orang yang memasukan dan/atau mengeluarkan media pembawa dari suatu area ke area lain di dalam wilayah negara kesatuan RI wajib :


a. Melengkapi sertifikat kesehatan dari tempat pengeluaran yang ditetapkan oleh pemerintah pusat bagi hewan, produk hewan, ikan, produk ikan, tumbuhan dan/atau produk tumbuhan;


b. Mamasukan dan/atau mengeluarkan media pembawa melalui tempat pemasukan dan tempat pengeluaran yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, dan;


c. Melaporkan dan menyerahkan media pembawa kepada pejabat karantina di tempat pemasukan dan tempat pengeluaran yang ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk keperluan tindakan karantina dan pengawasan dan/atau pengendalian.(Amatus Rahakbauw).





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close