Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Launching Aksi Deteksi Dini Dan Intervensi Stunting di Sukabumi

14 Februari 2023


 



Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati menghadiri acara Launching Aksi Deteksi Dini Dan Intervensi Stunting di Sukabumi (Gadis Sukabumi), bertempat di Desa Wrarnajati, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Selasa, (14/02/2023).


Acara dihadiri Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, para Kepala Perangkat Daerah di Kabupaten Sukabumi, Kepala Bidang Pengolahan, Pemasaran dan Pengawasan Sumberdaya Perikanan, dan Sub Koordinator Pemberdayaan dan Bina Mutu Pengolah Pemasar.


Hasil Perikanan Sasaran Anak yang termasuk ke dalam kategori stunting dan Ibu hamil di Kabupaten Sukabumi.


Gerakan yang di luncurkan secara hybrid oleh Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam menurunkan dan mencegah stunting baru. 


Gerakan ini lebih menekankan terhadap pencegahan stunting sejak awal kehamilan dan juga pendataan kembali anak stunting bertepatan dengan bulan penimbangan balita yaitu bulan Februari.

 

Hal itu dilakukan dengan pengecekan kondisi ibu hamil serta penimbangan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala dan pengukuran lingkar lengan atas anak balita dengan menggunakan alat antropometri oleh posyandu atau pelayanan kesehatan di tingkat bawah.


Setelah diluncurkan, Gadis Sukabumi akan memulai aksi nya di bulan ini dengan fokus untuk pendataan anak stunting yang dibantu oleh posyandu atau puskesmas setempat.


Pada kesempatan ini, Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi turut berkontribusi dalam upaya pencegahan dan percepatan penanggulangan stunting. 


Hal ini dibuktikan dengan pemberian paket ikan segar untuk anak-anak dan ibu hamil.


Menurut Nunung, stunting merupakan issu nasional yang masih menjadi permasalahan serius.


Perlu keterlibatan dan kerjasama antar unsur pemerintah di Kabupaten Sukabumi untuk dapat menanggulanginya.


Pada hari ini kami membagikan paket ikan segar sebanyak 46 paket ikan untuk anak-anak dan 10 paket untuk ibu hamil.


Sebagai bentuk keseriusan dalam pencegahan dan penanggulangan stunting, Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi memiliki program kerja yang dinamakan Program IMAH atau Ikan Masuk Rumah.


Program ini dicanangkan untuk menanggulangi stunting di Kabupaten Sukabumi, sebagai bentuk upaya membangun kesadaran gizi individu maupun masyarakat luas agar gemar mengkonsumsi ikan. 


Tujuan dari program ini yaitu untuk bisa memotivasi masyarakat secara luas agar gemar mengkonsumsi ikan secara teratur dan berkelanjutan, agar terbentuk manusia yang sehat, cerdas, dan kuat.


Ikan merupakan sumber protein hewani dengan kandungan gizi yang lebih unggul dibandingkan dengan yang lainnya.


Mengkonsumsi ikan dengan rutin terbukti bermanfaat untuk mencegah stunting pada anak, karena kandungannya yang baik bagi pertumbuhan.


Dengan diluncurkannya gerakan Gadis Sukabumi, diharapkan dapat menanggulangi masalah stunting di Kabupaten Sukabumi melalui pendeteksian secara dini.***(Lison)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close