Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas Perikanan Melakukan Pembinaan Mutu Pengelolah Ikan Pindang di Cicurug

11 Februari 2023


 


Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati didampingi Kepala Bidang Pengolahan, Pemasaran dan Pengawasan Sumberdaya Perikanan dan Jabatan Fungsional Pembina Mutu melaksanakan pembinaan mutu pengelolah ikan Pindang, bertempat di Poklahsar Pindang Barokah Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Jumat, (10/02/2023).


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung menjelaskan Kabupaten Sukabumi memiliki potensi perikanan cukup besar, baik perikanan darat, payau maupun laut. Sehingga dengan potensi tersebut usaha.




"Pengolahan ikan di Kabupaten Sukabumi juga sudah berkembang cukup besar dan kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan pembinaan mutu kepada pengolah ikan pindang, "Kata Nunung kepada zonamerdeka.com dikonfirmasi, Sabtu, (11/02).


Menurutnya, pengolahan ikan di Kabupaten Sukabumi tidak hanya menggunakan bahan baku dari hasil tangkapan nelayan setempat, tetapi juga menggunakan bahan baku dari luar Sukabumi, sehingga bahan baku akan tetap tersedia.


Salah satunya adalah pengolahan ikan pindang dan Ikan pindang merupakan produk olahan ikan dengan jumlah produksi terbesar di Kabupaten Sukabumi, "tuturnya.


Sementara, unit pengolah ikan pindang di Kabupaten Sukabumi hampir 99 % masih skala mikro dan masih menggunakan proses secara tradisional.


Pada kesempatan ini Kepala Dinas Perikanan bersama Kepala Bidang Pengolahan dan jabatan fungsional pembina mutu mengunjungi salah satu Kelompok Pengolah Pemasar (Poklahsar) Pindang Barokah Cicurug, Kelompok pindang terbesar di Kecamatan Cicurug, "jelasnya.


Selain itu, Poklahsar Pindang Barokah yang berlokasi di Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug ini diketuai oleh Haji Parman, dengan jumlah anggota pemindang sebanyak 10 orang.


Lanjut Nunung, Pengolahan pindang ini sudah berjalan sejak tahun 1980. Proses pemindangan berjalan setiap hari, dengan jumlah produksi kurang lebih sebanyak 500 kg.


Adapun Jenis ikan yang sering dipindang adalah tongkol, cakalang, lemuru, bandeng dan semar. Poklahsar Pindang Barokah memiliki cold storage dengan kapasitas 60 ton.


Cold storage ini berfungsi untuk menyimpan dan menyediakan bahan baku para pengolah ikan pindang sekitar wilayah Kecamatan Cicurug, Cibadak dan Parungkuda.


Seperti kita ketahui bersama bahwa semua produk yang beredar di masyarakat harus memenuhi standar mutu pangan yang berlaku, sehingga produk olahan ikan yang tersedia di pasar merupakan produk yang aman untuk dikonsumsi.


Selain itu juga mutu yang baik bertujuan untuk mempertahankan posisi tawar dan menjamin penerimaan produk olahan perikanan di pasaran, maka setiap standar yang berlaku harus dipenuhi.


Keterampilan penanganan ikan dan keunikan cita rasa produk dengan dukungan pembinaan mutu diyakini dapat menjawab tantangan standar mutu tersebut.


Pembinaan penerapan standar mutu dan percepatan sertifikasi mutu dinilai strategis dalam membantu permasalahan yang dihadapi pelaku usaha dalam peningkatan daya saing produk kelautan dan perikanan.


Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan keamanan produk pindang ikan, meningkatkan kapasitas produksi dan penerapan standar mutu pada unit pengolahan ikan pindang dan meningkatnya penerapan kelayakan pengolahan dan standar mutu pada unit pengolahan ikan pindang, serta meningkatnya angka konsumsi ikan pindang dan dapat sekaligus meningkatnya kesejahteraan para pengolah ikan pindang, "tutupnya. ***(Lison).





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close