Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Bangka Mulkan Terima Setifikat Paten Dan MoU Dengan Kakanwil Kemenkumham Babel

07 Februari 2023


 


Bangka, Zonamerdeka. com : Pemerintah Kabupaten Bangka lakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan   Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di rumah Dinas Bupati Bangka (7/2/2023).


Dihadiri Bupati Bangka Mulkan, Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Harun Sulianto, Sekda Bangka H Andi Hudirman, para Pejabat dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka,para Camat, para pejabat jajaran Kanwil Kemenkumham Babel dan tamu undangan lainnya.


Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengatakan dalam sambutannya Kanwil  Kemenkumham Babel mendorong Pemerintah Daerah yang ingin mempatenkan berbagai budaya masyarakat yang menjadi ciri khas daerah tersebut, juga berbagai produk kuliner atau makanan khas  dan lainnya.


"Kita sudah sampaikan dengan  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, tadi sudah ada sekitar 50 Karya Intektual Komunal (KIK) yang akan didaftarkan, dan akan melakukan inventarisasi soal ini,  kami siap membantu dan mengurus pendaftaran HAKI nya," ujar Hasan.


Dikatakan Hasan ,Seperti yang sudah ada perayaan Rebo Kasan sudah mendapatkan sertifikat hak patennya, dan juga seperti produk lada Bangka yang sudah memiliki hak patennya, maka akan bisa menambah nilai ekonomi produk itu karena akan lebih menambah kepercayaan masyarakat Internasional terhadap produk yang sudah memiliki hak patennya.


"Dalam hal ini kita beri prioritas untuk Kabupaten Bangka dulu, karena kita sudah ada MoU untuk melakukannya ,untuk prosesnya pembuatan sertifikat hak patennya tidak lama apabila didukung dengan data yang lengkap," kata Harun.


Ditempat yang sama Bupati  Bangka Mulkan mengatakan, dengan adanya MoU ini dan upaya untuk mempatenkan berbagai kekayaan budaya lokal, kuliner dan lainnya untuk dapat lebih meningkatkan upaya pelestarian kekayaan daerah Kabupaten Bangka,"jelas Mulkan.


Seperti kemarin kita baru melaunching Gerakan 1001 Inovasi hal ini juga untuk memberikan perlindungan hasil karya, apalagi bila ditambah dengan pendaftaran sertifikat patennya ke Kanwil  Kemenkumham Babel Maka akan lebih memberikan perlindungan secara hukum," terang Mulkan.


Usai sambutan dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama antara camat se Kabupaten Bangka dengan Kanwil  Kemenkumham Babel dan penyerahkan dua sertifikat HAKI oleh Kakanwil Kemenkumham  Babel Harun Sulianto ,yang sudah terdaftar resmi yaitu motif kain batik My Bangka dan perayaan tradisional masyarakat Bangka, Rebo Kasan kepada Bupati Bangka, Mulkan. (WW)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close