Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sungai Tertimbun Sedimen Gunung Manggar, 3.300 Hektar Sawah di Jember Terancam Kesulitan Air

17 Januari 2023


 

Agus Khoironi, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jember (foto:anton/zona)

Jember, zonamerdeka.com - 3.300 Hektar Sawah di Jember terancam gagal tanam karena tidak mendapat air secara maksimal. Hal ini dikarenakan terganggunya aliran sungai yang tertimbun sedimen dari Gunung Manggar yang ada di Kecamatan Ambulu. 

 

Hal itu dikatakan oleh Agus Khoironi usai melakukan koordinasi di Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur V (BAKORWIL V) Jember, selasa (17/1/2023).

 

"Ada 3.300 hektar sawah yang ada di 7 desa yaitu di Kecamat Ambulu dan Wuluhan terdampak karena tidak mendapat air," kata Agus Khoironi selaku wakil Ketua Komisi C Anggota DPRD Kabupaten Jember.

 

Kemudian Agus mengatakan bahwa warga pun telah berupaya melakukan pengerukan dengan cara manual. Setelah dilakukan pengerukan secara manual sedimen, aliran air masih belum bisa maksimal.

 

"Air di bisa mencapai 6 meter kubik, tapi dibawah cuma 400 liter, ini jauh dari masih jauh dari layak. Itupun setelah dikeruk dengan cara manual, bisa dibayangkan kalau tidak dikeruk sama sekali," terang Agus.


"Daerah yang sangat terdampak adalah wilayah paling ujung yaitu Sidomulyo," tambah Agus.


Dari koordinasi itu, Agus berharap BBWS untuk segera melakukan pengerukan segera.


"Ini koordinasi yang ketiga kalinya, kita berharap satu dua hari ini, BBWS untuk segera melakukan pengerukan, kalau tidak ada action, kita bersama masyarakat akan melakukan pengerukan secara mandiri, karena saat ini kondisinya memang musim tanam, jadi pengairan sangat penting sekali," Pungkas Agus.


(ton/man/***)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close