Notification

×

Iklan

Iklan

Kadiskan Kab.Sukabumi Hadiri Peresmian Lumbung Pangan Masyarakat

27 Januari 2023


 


Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati menghadiri acara Peresmian Lumbung Pangan Masyarakat, bertempat di Gapoktan Tunas Jaya, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Kamis, (26/01/2023).


Peresmian Lumbung Pangan Masyarakat yang dihadiri Bupati Sukabumi, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan, Bappelitbangda, para OPD, Inspektur Kabupaten Sukabumi, Bagian SDA Setda, Camat, para Kepala Desa, Pengurus Gapoktan dan Fasilitator LPM 2022.





Pada kegiatan tersebut disampaikan bahwa Kecamatan Ciracap memiliki potensi diantaranya 4.378 Ha sawah, 3700 Ha ladang, 3 Gapoktan dan sebanyak15.643 orang petani. 6 persen luas areal sawah merupakan tadah hujan, ketika musim kemarau tidak ada beras sehingga perlu adanya stok beras cadangan berupa lumbung.


Adapun Gapoktan yang akan diresmikan oleh Bupati Sukabumi, diantaranya Gapoktan Tunas Jaya, Gapoktan Mitra Mandiri, Gapoktan Rukun Warga, Gapoktan Sinar Tani, Gapoktan Tunas Bangsa dan Gapoktan Margamulya.


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati mengatakan selain potensi di bidang pertanian, Kecamatan Ciracap juga memiliki potensi perikanan sehingga banyak dari masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan.


"Jumlah nelayan TPI Ujunggenteng Kecamatan Ciracap sebanyak 1.728 orang atau sekitar 17,96% dari nelayan di kabupaten 

sukabumi yang berjumlah 9.619 orang, "Jelasnya.


Jumlah kapal perikanannya 

sebanyak 617 unit atau 21,76 % dari jumlah kapal di kabupaten sukabumi, "kata Nunung kepada zonamerdeka.com dikonfirmasi, Jum'at, (27/01/2023).


Sementara, "Jumlah produksi TPI Ujunggenteng sebanyak 563.492,3 Kg, Tingginya

potensi perikanan tersebut harus dikembangkan untuk kesejahteraan dan dimanfaatkan untuk pemenuhan protein masyarakat, "imbuhnya.


Pada kegiatan tersebut Bupati Sukabumi menyampaikan bahwa lumbung sebagai salah satu solusi dari dampak resesi ekonomi global sehingga harus dikelola dengan baik.


Lison





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close