Notification

×

Iklan

Iklan

Benarkah Nabi Khidir Masih Hidup?

18 Januari 2023


 



zonamerdeka.com- Cuitan @tanyarlfes di Twitter tentang Nabi Khidir 16 Januari 2023 menjadi viral.


@tanyarlfes meminta penjelasan tentang kisah nabi yang masih hidup, begini penjelasanya: 


" Mau tau dong kisah-kisah dan alasannya nabi nabi itu yang masih hidup, terlebih nabi Ilyas  terimakasih," unggahan @tanyarlfes.


Akun @unsaintedperson menanggapi bahwa Nabi Khidir AS hidup abadi.


Benarkah Nabi Khidir masih hidup? Simak penjelasanya : 


Menurut para ulama Nabi Khidir telah wafat sebelum Allah Ta’ala mengutus Nabi Muhammad ﷺ, sebagaimana dijelaskan dalam ayat Al Qur'an sebagai berikut:


“Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal ?“. [Al-Anbiya/21: 34]


Dalam ayat lain juga ditegaskan dalam surah Ali Imran ayat 81,


وَاِذْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ النَّبِيّٖنَ لَمَآ اٰتَيْتُكُمْ مِّنْ كِتٰبٍ وَّحِكْمَةٍ ثُمَّ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مُّصَدِّقٌ لِّمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهٖ وَلَتَنْصُرُنَّهٗ ۗ قَالَ ءَاَقْرَرْتُمْ وَاَخَذْتُمْ عَلٰى ذٰلِكُمْ اِصْرِيْ ۗ قَالُوْٓا اَقْرَرْنَا ۗ قَالَ فَاشْهَدُوْا وَاَنَا۠ مَعَكُمْ مِّنَ الشّٰهِدِيْنَ


Artinya: (Ingatlah) ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi, "Manakala Aku memberikan kitab dan hikmah kepadamu, lalu datang kepada kamu seorang rasul yang membenarkan apa yang ada pada kamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya." Allah berfirman, "Apakah kamu mengakui dan menerima perjanjian dengan-Ku atas yang demikian itu?" Mereka menjawab, "Kami mengakui." Allah berfirman, "Kalau begitu, bersaksilah kamu (para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kamu."


Syaikh Hamid Ahmad Ath-Thahir Al-Basyuni berpendapat, kedua ayat tersebut sama-sama menegaskan bahwa tidak ada manusia yang hidup kekal sebelum Nabi Muhammad SAW. 


Ditambah lagi pada surah Ali Imran di atas ada perjanjian yang mengikat para nabi untuk menjadi pengikut Rasulullah SAW setelah diutus oleh Allah SWT.


"Kalaupun sebenarnya Khidir masih hidup, dia pasti akan datang menghadap Rasulullah SAW dan mengikuti beliau (menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW)," tulis Syaikh Hamid Ahmad Ath-Thahir Al-Basyuni.


Begitupula sebelum Rosulullah wafat beliau menyampaikan:


"Tidak ada satu jiwa pun yang bernafas, dia telah hidup selama seratus tahun, lalu dia sekarang masih hidup," (HR Muslim).


Dari beberapa penjelasan di atas membuat kita paham bahwa belum ada dalil yang mengatakan bahwa Nabi Hidir masih hidup.[Lilis]





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close