Notification

×

Iklan

Iklan

Ini dia 10 Keutamaan Ibu dalam Islam, Simak Penjelasannya

21 Desember 2022


 


Zonamerdeka.com - Hari Ibu tiap tahunya diselenggarakan tiap tanggal 22 Desember di Indonesia.


Sosok ibu yang luar biasa sebenarnya tidak hanya diperingati satu hari saja.


Hal ini mengingat jasanya yang begitu besar bagi anak-anaknya dari mengandung hingga membesarkannya.


Bahkan tidak jarang Ibu menjadi sosok yang tidak hanya hebat di mata anak-anaknya tapi hebat untuk dunia ini karena telah melahirkan generasi yang hebat seperti ibunya para Ilmuan dan para Imam.


Berikut 10 keutamaan seorang ibu yang harus kita ketahui :


1. Mulia di Mata Allah


“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa.” (QS. Al-Ahqaaf: 15)


2. Sosok yang Kuat


Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman: 14)


3. Wajib Dihormati


“Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ ‘Ibumu!’ ‘Ibumu!, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari: 5971)


4. Haram untuk Disakiti


“Sesungguhnya Allah Ta’ala mengharamkan kalian berbuat durhaka kepada ibu-ibu kalian.” (Hadits shahih, riwayat Bukhari, no. 1407). 


5. Wajib untuk Dibahagiakan


“Seseorang datang kepada Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Aku akan berbai’at kepadamu untuk berhijrah, dan aku tinggalkan kedua orang tuaku dalam keadaan menangis.” Rasulullah Shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kembalilah kepada kedua orang tuamu dan buatlah keduanya tertawa sebagaimana engkau telah membuat keduanya menangis.” (Shahih: HR. Abu Dawud (no. 2528).


6. Ridhanya adalah Ridha Allah


Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, ia berkata, “Ridha Allah tergantung ridha orang tua dan murka Allah tergantung murka orang tua.“ (Adabul Mufrod no. 2).


7. Doanya Mustajab


Ada tiga do’a yang dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala yang tidak diragukan tentang do’a ini: (1) do’a kedua orang tua terhadap anaknya, …” (Hasan: HR. Al-Bukhari). 


8. Banyak Jalan Pahala


“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya.” (QS. Al Baqarah: 233)


9. Tak boleh Mendapat Perlakuan Kasar


“Hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al Isra: 23)


10. Teladan yang Mulia


“Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.” (QS. Maryam: 32).


Begitulah 10 gambaran keutamaan seorang Ibu, semoga di hari Ibu ini kita lebih mampu memberikan yang terbaik kepada Ibu kita dan para Ibu yang lain. [Lilis]





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close