Notification

×

Iklan

Iklan

Gajah Liar Kembali Rusak Kebun Sawit Petani di Kecamatan Pangkalan Kuras

08 Desember 2022


 

Tanaman Sawit Yang di Rusak Gajah 

RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Kawanan gajah liar dilaporkan merusak dan mengobrak-abrik lahan perkebunan kelapa sawit milik warga di Desa Betung Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, Riau.


"Dampak amukan gajah liar ini telah menyebabkan pohon kelapa sawit milik saya dan warga lainnya rusak," ujar Kepala Desa Betung, Darman SE, Rabu (7/12/2022).


Ia menyebutkan, gangguan gajah liar tersebut diperkirakan sejak kemarin. Kejadian pada malam hari dan menyebabkan sudah banyak tanaman kelapa sawit milik masyarakat rusak.


"Berapa ekor jumlah kawanan gajah tersebut belum di ketahui. Tidak tutup kemungkinan akan kembali merusak tamanan sawit warga. Karena masih berada di wilayah hutan Desa Betung," imbuhnya.


Namun total kerugian yang dialami oleh masyarakat akibat gangguan dari satwa liar tersebut hingga saat ini, masih dilakukan pendataan, katanya.


Darman juga menyebutkan gangguan gajah liar yang terjadi di Kecamatan Pangkalan Kuras sudah sering terjadi. 


Guna menghindari konflik antara manusia dan gajah liar, ia berharap Badan Konservasi Sumber Daya Manusia (BKSDA) Provinsi Riau agar turun ke Desa Betung, guna melakukan penanganan secepatnya.


"Kami berharap BKSDA segera mengatasi gangguan gajah liar yang terjadi selama ini di Kecamatan Pangkalan Kuras, sehingga potensi konflik antara satwa gajah dan masyarakat dapat dihindari," kata Darman mengharapkan.(cuang)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close