Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2022, 581 Pasien Serbu Layanan Gratis FKG dan RSGM Universitas Jember

03 November 2022


 

Jember, zonamerdeka.com - 581 pasien mendatangi layanan konsultasi Gigi gratis yang diadakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) bersama Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember.


Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 yang digelar tanggal 1 hingga 3 November 2022. 







Jumlah pasien ini melebihi target mengingat panitia awalnya hanya menargetkan melayani 300 pasien saja. Informasi ini disampaikan oleh Dekan FKG Universitas Jember, drg. R. Rahardyan Parnaadji, M.Kes., Sp.Prost., di lokasi layanan di RSGM Universitas Jember (3/11).



Menurut Dekan FKG Universitas Jember, selama tiga hari pelaksanaan konsultasi gigi gratis, pihaknya menemukan banyak pasien yang diperiksa menderita gigi berlubang dan menderita gingivitis alias radang pada gusi. 


Kondisi ini diperkirakan akibat kurangnya pemeliharaan kesehatan gigi melalui teknik menyikat gigi dan ketepatan waktu menyikat gigi yang benar. 


Umumnya pasien yang datang adalah siswa Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar mengingat salah satu target  BKGN 2022 adalah mempergencar promosi kesehatan gigi  bagi kalangan usia dini dan siswa sekolah.



“Alhamdulillah, pasien yang datang melebihi target. Padahal panitia yang terdiri dari FKG dan RSGM Universitas Jember sengaja membatasi peserta mengingat pandemi Covid-19 masih belum dinyatakan berakhir. Ternyata animo masyarakat khususnya siswa untuk memeriksakan gigi ke fasilitas kesehatan seperti RSGM mulai membaik. Kegiatan konsultasi gigi gratis ini kita gelar kembali setelah absen selama masa pandemi Covid-19,” jelas R. Rahardyan Parnaadji. 



Untuk mengembangkan gerakan promotif mengatasi penyakit gigi seperti gigi berlubang dan gingitivis pada siswa, pihaknya mendorong dibentuknya  kader kesehatan gigi dan mulut yang terdiri dari guru, dokter gigi kecil dan orang tua di tiap sekolah. Setelah kader kesehatan gigi dan dokter gigi cilik menerima pelatihan, mereka diharapkan akan mengedukasi anak didik lain dan melakukan pengawasan untuk pelaksanaan pembiasaan menyikat gigi pagi dan malam selama 21 hari berturut-turut. 



Untuk itu, panitia pada tanggal 4 November 2022, tim yang terdiri dari dokter gigi dan mahasiswa KoAs dari FKG dan RSGM bakal mendantangi empat sekolah dasar di Jember dalam rangka memberikan pelatihan dan membentuk kader kesehatan gigi dan dokter gigi kecil. “Selama tiga hari pelaksanaan layanan konsultasi gigi gratis melibatkan 75 orang dokter gigi dan 130 orang dokter gigi muda. Mereka memberikan layanan mulai dari pembersihan karang gigi atau scaling, pencabutan gigi, penambalan gigi anak dan dewasa, pemberian lapisan topical fluoride dan pit fissure sealant. Selain memberikan layanan konsultasi gratis, kami juga menyelenggarakan konsultasi gigi jarak jauh melalui teledentistry,” kata Dekan FKG Universitas Jember.



Kegiatan konsultasi kesehatan gigi gratis dibuka oleh Wakil Rektor I Universitas Jember, Prof. Slamin didampingi oleh Wakil Rektor II, Prof. Sri Hernawati yang juga guru besar di FKG Universitas Jember. Dalam sambutannya, Prof. Slamin menjelaskan keterlibatan FKG dan RSGM dalam menyemarakkan BKGN 2022 adalah salah satu cara memperluas kemanfaatan FKG dan RSGM khususnya turut serta mendukung pengembangan kesehatan gigi nasional. Oleh karena itu Wakil Rektor I berharap masyarakat tidak ragu lagi memeriksakan kesehatan gigi ke RSGM Universitas Jember yang menjadi satu-satunya rumah sakit khusus gigi dan mulut di wilayah Tapal Kuda. 



BKGN sendiri merupakan sebuah gerakan pemberian layanan berupa pemeriksaan, perawatan, konsultasi dan edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat Indonesia secara gratis. BKGN yang diadakan di Univeristas Jember ini mengangkat tema “Bangkit Lebih Kuat, Bebas Gigi Berlubang” dimana kegiatan ini bertempat di RSGM Universitas Jember. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara Pepsodent, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI). 


Ton/ Humas Universitas Jember





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close