Notification

×

Iklan

Iklan

Momen Kunjungan Ratu Elizabeth II ke Bali Hingga Yogyakarta, Beri Kesan Khusus Tak Terlupakan

09 September 2022


 

 

Ratu Elizabeth II wafat dalam usia 96 tahun. Selama bertakhta, Ratu Elizabeth kerap berkunjung ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Seperti dikutip dari Jaringan Informasi Kearsipan Nasional, pada 14 Maret 1974 Ratu Elizabeth II dengan suaminya Pangeran Philip berkunjung ke Indonesia. Mereka mengunjungi Indonesia bersama rombongan.

Saat itu, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menjadi tamu negara Indonesia. Mereka disambut oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin.

Mereka kemudian dijamu oleh Presiden kedua RI, Soeharto dan istrinya, Siti Hartinah (Tien Soeharto) dalam acara resepsi kenegaraan di Istana Negara.

Setelah itu, mereka bertolak ke Yogyakarta dan bertemu dengan Sultan Hamengku Buwono IX di Keraton Yogyakarta. Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip juga sempat berkunjung ke Borobudur. Usai dari Yogyakarta, mereka kemudian bertolak ke Bali.


Ini merupakan peristiwa unik sekaligus bersejarah, karena Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip datang menggunakan kapal pesiar. Pada hari itu Ratu Inggris naik kapal pesiar kerajaan, Royal Yacht Britannia.

Saat berada di Jakarta, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II disambut Presiden Soeharto dan Ibu Tien.


Keduanya menjadi tamu kenegaraan pertama Pemda DKI Jakarta dan disambut meriah dengan pawai ondel-odel lengkap dengan tanjidor.


Gubernur Ali Sadikin mengajak keduanya berkeliling kota tua.


Setelah itu keduanya menuju Yogyakarta dan diterima Sri Sultan Hamengku Buworo IX di Keraton Yogyakarta.

Ketika menuju Keraton Yogyakarta tahun 1974 terpaksa mengubah rute tidak melewati Malioboro. Sebab, kawasan Malioboro saat itu sedang direnovasi.

Sekitar 400 prajurit keraton lengkap dengan seragam tradisional menyambut Ratu Elizabeth II dan suaminya.


Lawatan ini juga merupakan peristiwa sejarah dan penting yang kemudian membuat hubungan bilateral Inggris-Indonesia menjadi lebih dinamis, kuat, maju, berkembang, dan hingga terbangunnya kemitraan strategis.


Ratu Elizabeth II tidak pernah lupa kepada Indonesia.


Menurut mantan Dubes Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik "Indonesia punya tempat khusus di (hati) yang mulia ratu dan pemerintahannya."


Hari ini, 48 tahun setelah kunjungan itu, Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Ia meninggal dunia di usia 96 tahun.


Dilansir AFP, Jumat (9/9/2022), kabar tersebut dilaporkan oleh Istana Buckingham. Akun Twitter The Royal Family mengabarkan Ratu Elizabeth meninggal di Balmoral.


Ratu Elizabeth II sempat berada di bawah pengawasan medis di Balmoral, Skotlandia. Pengawasan dilakukan usai dokter istana menyatakan kekhawatiran atas kesehatan Ratu Elizabeth.


"Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan dia untuk tetap berada di bawah pengawasan medis," kata sebuah pernyataan Istana seperti dilansir BBC, Kamis (8/9).


"Sang Ratu tetap nyaman dan berada di Balmoral," sambung pernyataan itu.


editor: maston

sumber: detik.com





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close