Notification

×

Iklan

Iklan

Emak-Emak Pengrajin Tahu, Ikuti Pelatihan Olahan Ampas Tahu

24 Mei 2022


 


Zonamerdeka.com Aceh Singkil -- Puluhan emak - emak pengrajin olahan tahu Kecamatan Gunung Meriah Aceh Singkil, Dapat Pelatihan olahan ampas tahu yang diadakan oleh Dinas Desperidagkop di Aula Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Selasa, ( 24/05/2022).


"Pelatihan olahan ampas tahu bagi emak-emak dibuka langsung oleh Bupati Aceh Singkil," 


Dalam sambutannya, Bupati, Dulmusrid Menyampaikan, Jika ampas tahu ini diolah dengan baik, maka akan bisa menambah income pendapatan bagi rumah tangga ibu - ibu, ucapnya.



Sambungnya, ternyata ampas tahu juga dapat digunakan untuk membuat makanan - makanan ringan, Seperti kripik tahu, empek-empek dan adonan dodol dan lainnya, Jelasnya.


"Paska pandemi Covid-19 melanda dunia, Pemerintah juga terfokus terhadap pemulihan ekonomi nasional, Maka melalui kegiatan pelatihan olahan ampas tahu ini,"


Nantinya dapat menambah wawasan ibu - ibu, mengembangkan potensi olahan tahu, menjadi lebih modern yang bernilai ekonomis, untuk dapat membantu pendapatan penghasilan tambahan dirumah tangga, ibu atau emak - emak yang berhadir pada hari ini. Terang Bupati.


Lanjutnya, Dulmusrid Menambahkan, Dinas Desperindakop Aceh Singkil, Kedepannya jangan lupa diberikan pendampingan ke pengrajin tahu ini, Supaya usaha para pengrajin tahu, dapat berkembang dan sukses dalam memamfaatkan ampas tahu. bila perlu dibantu membuat sebuah produk unggulan. 


Dulmusrid juga berharap, Kedepannya para pengrajin tahu ini. harus benar - benar serius membantu perekonomian rumah tangganya sendiri, dari pada gerompi-gerompikan, lebih baik buat usaha, hitung - hitung membantu suami.


Terpisah, Kabid Industri Dinas Desperindakop Aceh Singkil, Syahril Menjelaskan, Kegiatan pelatihan olahan ampas tahu, Pertama sekali diadakan di Kecamatan Gunung Meriah.


Lanjutnya, Mungkin beberapa bulan kedepan juga ada kegiatan seperti ini, namun mungkin lain item pelatihan kegiatannya, disesuaikan dengan potensi usaha yang ada dimasyarakat, dibeberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil. Katanya.


Sedangkan untuk peserta, Sekitar 40 orang lebih dan kesemuanya dari ibu - ibu yang memiliki usaha pembuatan tahu, jadikan sayang, supaya ampas tahu ini juga ada nilai ekonomis tambahan, Sebaiknya juga dimanfaatkan oleh ibu-ibu ini. Untuk membuat semacam kripik tahu dan lainnya, berbahan dari ampas tahu, jelas Syahril.


Untuk narasumbernya yang mengisi pelatihan ini. Pematerinya dari Banda Aceh, Ibu. Ida Hafni,S.Pi dan Ibu Lia Safiauddin,S.STP.i., tukasnya.


Pelatihan pada hari ini, Turut dihadiri, Sekretaris Dinas Desperindakop Aceh Singkil, Camat Kecamatan Gunung Meriah, Kapolsek Gunung Meriah dan Danramil Gunung Meriah.


Secara simbolis Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid juga memberikan  bahan materi ke peserta olahan ampas tahu, pertanda dibukanya kegiatan pelatihan.


Sakdam Husen









ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close