Notification

×

Iklan

Iklan

Bos Bursa Kripto Kabur Bawa Aset Nasabah 29 triliun

23 April 2021



Jakarta -- Turki, Polisi resmi mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional terhadap Faruk Fatih Ozer pada Jumat (23/4/2021). Faruk Fatih Ozer merupakan pendiri platform pertukaran mata uang kripto Thodex, .

Yahoo Finance menuliskan bahwa Ozer diketahui melarikan diri dengan aset investor senilai USD 2 miliar atau sekitar Rp 29,05 triliun (asumsi kurs Rp 14.525 per dolar Amerika Serikat).

Kepolisian Turki juga menahan 62 orang yang terlibat dengan hal ini.

"Tuduhan penipuan dengan menggunakan sistem informasi, bank atau lembaga kredit sebagai alat dan mendirikan organisasi kriminal," kata laporan kantor berita Anadolu.

Pejabat keamanan Turki juga telah merilis foto Ozer, Kamis, 22 April 2021. Foto tersebut diambil saat pengusaha tersebut melalui pemeriksaan paspor di bandara Istanbul. Meski demikian, perjalanan yang dituju masih dirahasiakan.

Sumber keamanan yang tidak disebutkan namanya menyebut, pria berusia 27 tahun tersebut telah berada di Albania sejak Selasa, 20 April 2021.

Kementerian Kehakiman juga telah memulai proses hukum untuk melakukan penangkapan dan ekstradisi dari ibu kota Albania. Menteri Dalam Negeri, Suleyman Soylu juga telah berbicara melalui sambungan telepon dengan mitranya dari Albania.

Bursa Thodex resmi menangguhkan perdagangan setelah memposting pesan misterius pada Rabu, 21 April 2021. Pesan tersebut mengatakan, perlu lima hari untuk menangani investasi.

Laporan media setempat juga menyebut, perusahaan jual beli mata uang kripto tersebut telah ditutup sementara karena nilai penipuan mencapai USD 2 miliar dari 391.000 investor. (*)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close