Notification

×

Iklan

Iklan

Pemda Aceh Singkil Gelar Musrembang Kabupaten Aceh Singkil Tahun 2025- 2045

03 April 2024


 

ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Drs. Azmi MAP, pada hari selasa (02/04/2024) hari kemarin membuka Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPK Kabupaten Tahun 2025.


Kegiatan Musrenbang itu digelar diaula  kantor Bappeda Kabupaten Aceh Singkil.


Musrenbang tahun ini terasa seperti istimewa.


Sebab beriringan dibahasnya dengan RPJPD Kabupaten Aceh Singkil untuk 20 tahun kedepan yang ditetapkan melalui Peraturan Daerah atau Qanun Aceh Singkil.


Dimana nanti akan diterjemahkan oleh para calon kepala daerah ke dalam visi misi dan janji politik nya. 


Meski demikian, tentunya apabila terpilih di kemudian menjadi pemimpin yang bakal dirumuskan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah atau selama lima tahunan." Kata, Pj. Bupati Aceh Singkil 


Kemudian, semua itu sebut Azmi, adalah gunanya mewujudkan transformasi atau mewujudkan ketertiban dan keamanan daerah yang berdemokrasi tangguh stabilitas dan pelaksanaan syariat Islam, perbaikan sarana dan prasarana yang berkualitas. 


Tentunya semua kesempurnaan visi dan misi RPJP Kabupaten Aceh Singkil yang telah dirumuskan tersebut masih perlu membutuhkan masukan dan saran dari para pemangku kepentingan didaerah ini.


Begitu juga untuk arah RKP tahun 2025 dan kebijakan pembangunan akan dirumuskan dengan memperhatikan arah kebijakan Provinsi Aceh dan Nasional serta rencana pembangunan Kabupaten atau LPK Aceh Singkil.


Hal itu sebagaimana telah ditetapkan melalui peraturan Bupati Aceh Singkil nomor 11 Tahun 2022. Terkait prihal arah kebijakan pembangunan tahun 2025 Pemerintah Daerah Kabupaten Singkil memperhatikan isu-isu strategis daerah, Ujar, Azmi. 


Dari hasil evaluasi serta capaian kinerja pembangunan tahun 2023 sehingga tujuan dan sasaran pembangunan direncanakan harus benar-benar sesuai dengan kondisi Kabupaten Aceh Singkil.


Oleh karena itu kebijakan pembangunan 2025 diarahkan untuk mengatasi berbagai masalah, baik terkait tentang permasalahan kemiskinan, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan, serta lingkungan hidup.


Namun saat dalam mengatasi persoalan permasalahan tersebut, tentunya Pemerintah Daerah harus melakukan berbagai kebijakan strategi berupa optimalisasi pengelolaan, sektor unggulan, peningkatan pelayanan publik dan juga pemberdayaan ekonomi masyarakat.


Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian daerah pada tahun 2025 Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil untuk mengusung tema.


Peningkatan kualitas dengan layanan dasar infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan peningkatan perekonomian daerah. 


Disini ada 6 prioritas untuk pembangunan Kabupaten Aceh Singkil pada tahun 2025 mendatang yaitu; 


1.Peningkatan desain sumber daya manusia dan pelayanan publik.

2.Peningkatan sarana dan prasarana pelayanan dasar. 

3.penurunan Angka kemiskinan.

4.Meningkatkan industri kepariwisataan pertanian dan Perdagangan. 

5.meningkatkan infrastruktur yang terintegrasi dan meningkatkan mitigasi bencana dan 

6.pelestarian lingkungan hidup.


Untuk kemajuan daerah kita tercinta Ini Mari sama-sama kita berbenah dan mengurangi ego sektoral kita agar pembangunan yang kita rencanakan bisa berkesinambungan dan berdampak terhadap masyarakat Kabupaten Aceh Singkil secara keseluruhan," Sebut, Pj. Bupati Aceh Singkil


Lebih lanjut, Kata Pj. Bupati Aceh Singkil, rencana pembangunan Kabupaten ini harus memperhatikan kebutuhan masyarakat serta  harus dapat menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga Kabupaten Singkil bisa terbebas dari belenggu kemiskinan.


Serta memajukan pendidikan, meningkatkan kesehatan masyarakat, dan mengatasi permasalahan, air bersih, dan hal lain nya.


Karena APBK Kabupaten Aceh Singkil kita relatif kecil sehingga pembangunan yang dilakukan kurang optimal, maka melalui forum ini kami memiliki pesan kepada pemerintah Provinsi Aceh.


Untuk konsisten didalam melaksanakan pembangunan yang menjadi kewenangan pemerintah Provinsi.


Kami ulangi kami berharap pembangunan yang menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Aceh baik yang telah direncanakan dan telah dimulai tapi belum selesai dapat segera dituntaskan guna mendukung percepatan pengembangan perekonomian di Kabupaten Aceh Singkil, " harap Azmi. 


Turut berhadir dalam acara tersebut, Pj. Sekda Kabupaten Aceh Singkil, Ahmad Rifa'i, unsur forkopimda, SKPK dan tamu undangan lainnya. (Sakdam Husen)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close