Notification

×

Iklan

Iklan

Miss Jepang Karolina Shiino Mundur Karena Identitas Budaya dan Selingkuh

11 Februari 2024


 


Karolina Shiino melepaskan mahkotanya hanya dua minggu setelah dinobatkan sebagai Ratu Kecantikan Jepang.


Dia terlibat dalam kasus perselingkuhan sebelumnya, menjadi subjek perdebatan tentang identitas budayanya karena lahir di Ukraina.



Shiino adalah wanita pertama keturunan Eropa yang menang dalam kontes kecantikan Jepang. Namun, setelah dinobatkan, terus muncul kontroversi tentangnya, salah satunya yang dilaporkan oleh surat kabar lokal tentang perselingkuhannya dengan pria yang sudah menikah.


Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, model berusia 26 tahun ini meminta maaf kepada orang-orang yang terlibat dan keluarga pria tersebut. Shiino juga mengumumkan bahwa dia meninggalkan Miss Jepang dan memutuskan kontrak eksklusif dengan agensi yang menaunginya.


Dia menulis, melansir CNN, "Saya benar-benar minta maaf karena menyebabkan banyak masalah bagi banyak orang dan mengkhianati mereka yang telah mendukung saya."


Shiino telah "meminta untuk mengundurkan diri dari kontes karena alasan pribadi", menurut pernyataan yang dikeluarkan langsung oleh penyelenggara acara.


Kaoru Wada, ketua Asosiasi Miss Jepang, menyatakan bahwa tidak ada pengganti untuk Shiino sebagai Miss Jepang 2024. Sampai tahun 2024, gelar itu akan tetap kosong.


Kontroversi Shiino tidak hanya tentang perselingkuhannya. Selain itu, kewarganegaraannya sering dipertanyakan.


Terlepas dari fakta bahwa dia adalah warga negara naturalisasi yang fasih berbahasa Jepang dan telah tinggal di negara tersebut sejak berusia lima tahun, kemenangan Shiino dalam kontes tersebut dipandang sebagai sesuatu yang kontroversial. Ada kritikus yang mempertanyakan apakah kecantikan Jepang dapat digambarkan oleh orang lain.


Setelah kemenangannya bulan lalu, Shiino berkata di Tokyo, "Saya ingin diakui sebagai orang Jepang."


Saya terus diberitahu bahwa saya bukan orang Jepang, tapi saya benar-benar orang Jepang, jadi saya masuk Miss Jepang dengan percaya diri. Dia mengatakan, "Saya sangat senang diakui seperti ini."



Di media sosial, keputusan untuk memilih pemenang yang berasal dari Eropa memicu perdebatan, menimbulkan pertanyaan tentang apa artinya menjadi orang Jepang dan pengaruh cita-cita kecantikan Barat di Asia.



Setelah kemenangan Shiino, sejarawan Hiroe Yamashita menulis di X atau Twitter, "Jika kontes Miss Jepang didasarkan pada konsep kecantikan, saya pribadi berharap kontes tersebut didasarkan pada standar kecantikan Jepang."



Dia menyatakan bahwa seorang gadis (secara etnis) Jepang tidak memiliki peluang untuk menang di bawah standar kecantikan kontemporer karena penampilan Karolina Shiino.



Shiino juga sempat berbicara kepada CNN tentang kesulitan yang dia alami saat tumbuh dewasa di Jepang, sebuah negara etnis yang homogen dengan sedikit imigrasi. Shiino menuntut definisi yang lebih luas tentang siapa yang harus dianggap sebagai orang Jepang.



Sebelum mengundurkan diri sebagai Miss Jepang, dia berkata, "Bagaimanapun, kita hidup di era keberagaman - di mana keberagaman dibutuhkan." (*)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close