Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Meriahkan Hari Palang Merah se-Dunia, PMR MAN 2 Rutin Rutin Gelar Donor Darah Pelajar Sejak 13 Tahun Lalu

17 Mei 2023


 



Jember, zonamerdeka.com - Palang Merah Remaja (PMR) MAN 2 Jember mempunyai cara sendiri untuk memeriahkan Hari Palang Merah Sedunia dengan menggelar donor darah dikalangan pelajar, Rabu (17/5). Acara donor darah dilaksanakan secara rutin tiga bulan sekali untuk mengajak siswa bisa menolong sepenuh hati kepada sesama.


Lilis Khusniawati, S.Pd  guru sekaligus pembina PMR MAN 2 Jember mengatakan melalui kegiatan donor darah dapat menumbuhkan jiwa sosial pada diri siswa. “Kegiatan ini rutin kita lakukan untuk melatih siswa memiliki jiwa sosial, mengajari anak-anak supaya ada keberanian diri untuk donor darah,”tutur Lilis Khusniawati.






Menurut dia, donor darah di lingkungan MAN 2 Jember telah aktif sejak tahun 2010 hingga saat ini. “Aksi donor darah ini dilakukan sejak tahun 2010 atau tahun 2011, rutin dilaksanakan, berawal tiga bulan sekali dan sekarang bisa rutin dua bulan sekali, sasarannya siswa dan guru, kadang alumni juga datang untuk donor, ”ujarnya


Siswa kelas 11, Khofifaturrohmah mengaku bangga sekali bisa mendonorkan darah dan merasa tidak sakit saat donor pertama kalinya. “Saya senang bisa membantu sesama, dan pingin donor darah lagi,”ucap Khofifaturrohmah.


Sementara kepala sekolah MAN 2 Jember, Drs. Ridwan menyambut baik kegiatan donor darah yang bertepatan dengan peringatan Hari Palang Merah Sedunia, pihak sekolah akan terus melakukan sosialisasi dan motivasi kepada siswa bahwa donor darah itu sangat bermanfaat bagi tubuh pendonor dan membantu sesama yang sangat membutuhkan.


”Kegiatan donor darah ini sudah menjadi rutinitas, saya melihat grup siswa sangat antusias anak-anak untuk mengikuti donor darah, kalo donor sebelumnya biasanya banyak siswa yang gak bisa donor karena kehabisan kantong yang terbatas, sehingga tertunda, anak-anak terus kita motivasi bahwa donor darah itu sehat,”ujar Drs. Ridwan. (Manto)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close