Notification

×

Iklan

Iklan

Verifikasi Dan Pasang Police Line, Polsek Ukui Terjun ke Lokasi Karhutlah

26 April 2023





RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Menindaklanjuti informasi adanya titik hot spot yang terpantau oleh satelit di Desa Lubuk Kembang Bunga Kapolsek Ukui langsung terjunkan personil untuk lakukan verifikasi dan upaya pemadaman, Rabu (26/04/2023).

Tiga personel Polsek Ukui dikerahkan menuju TKP Hot Spot dan bergabung dengan Brigdalkarhutla TNTN, dan MPA Desa Lubuk Kembang Bunga.

Saat dikonfirmasi Kapolsek Ukui AKP Markus T. Sinaga, S.H.,M.H mengatakan "Saat ini tim sedang berada dilokasi, titik hot spot yang terpantau satelit setelah dilakukan verifikasi merupakan titik api (fire spot), karena sulitnya medan dan jauh dari akses jalan memakan waktu yang cukup lama

adapun kendala pemadaman akses jalan yang sulit serta tidak adanya sumber air sehingga tim karhutla yang turun memadamkan api dengan peralatan seadanya seperti semprot solo kep, menggunakan dahan/ranting untuk menyekat atau membatasi laju api agar tidak meluas dan dibantu masyarakat sekitar.

sementara luas lahan yang terbakar masih dilakukan verifikasi kalau jenis lahanya merupakan semak belukar bekas imasan, berkat kesigapan tim karhutla api hingga saat ini, api dapat dipadamkan hanya menyisakan tunggul berasap dan akan terus dipantau hingga benar benar padam. ujar kapolsek.

Selanjutnya Kapolsek Ukui telah perintahkan tim satgas gakkum untuk melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang diduga dilakukan secara sengaja oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Terakhir Kapolsek menghimbau kepada seluruh masyarakat Ukui agar tidak membakar lahan mengingat situasi panas seperti ini sangat rawan api mudah menyebar.

"Akan ada sanksi tegas bagi siapapun yang kedapatan membakar lahanya, akan diproses sesuai hukum yang berlaku," ujarnya.





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close