Notification

×

Iklan

Iklan

4 Keutamaan Menjalin Silaturahmi Terutama Saat Idul Fitri

25 April 2023


 

Silahturahmi (source: ebook anak)

Zonamerdeka.com - Lebaran Idul Fitri identik dengan silaturahmi atau silaturahim.


Kata silaturahmi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang bermakna tali persaudaraan.


Sedangkan dalam bahasa Arab, tali persaudaraan disebut sebagai silatirrahmi seperti dalam hadist Rosulullah Saw berikut :


عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "إِنَّ الرَّحِمَ شِجْنَةٌ مُتَمَسِّكَةٌ بِاْلعَرْشِ تَكَلَّمَ بِلِسَانٍ ذَلِقٍ: "اَللَّهُمَّ صِلْ مَنْ وَصَلَنِي وَاقْطَعْ مَنْ قَطَعَنِي". فَيَقُولُ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: "أَنَا الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ، وَإِنِّي شَقَقْتُ لِلرَّحِمِ مِنَ اسْمِي، فَمَنْ وَصَلَهَا وَصَلْتُهُ، وَمَنْ نَكَثَهَا نَكَثْتُهُ". [أخرجه الهيثمي]


Artinya: Diriwayatkan dari Anas, diriwayatkan dari Rasulullah SAW, beliau bersabda,


"Sesungguhnya rahim (kekerabatan) itu adalah cabang kuat di 'Arsy berdoa dengan lisan yang tajam: "Ya Allah sambunglah orang yang menyambungku dan putuslah orang yang memutusku,"


Maka Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, "Aku adalah ar-Rahman ar-Rahim. Sungguh Aku pecahkan dari namaKu untuk rahim (kekerabatan), maka barangsiapa menyambungnya niscaya Aku menyambung orang itu, dan barangsiapa memutuskannya pasti Aku memutuskan orang itu," (HR al-Haitsami).


Keutamaan silaturahmi atau silaturahim tergambar pada dalil-dalil berikut : 


“Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.” (H.R Bukhari)


"Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (Q.S An-Nisaa' : 1)


Jika diringkas ada 4 keutamaan silaturahmi atau silaturahim : 


1. Dilapangkan rizkinya maksudnya disini rizki tidak hanya berupa harta, akan tetapi segala kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah


2. Dipanjangkan umurnya, diberikan keberkahan dalam umur yang panjang


3. Mengajari sikap dermawan. Hal ini karena Allah mengajarkan saling meminta sehingga akan ada saling tolong-menolong dan saling memberi


4. Dijaga oleh Allah maksudnya jiwa kita dan hidup kita akan selalu dijaga Allah 


Demikian keutamaan silaturahmi atau silaturahim, semoga bermanfaat.[Lilis]





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close