Notification

×

Iklan

Iklan

UPTD Puskesmas Ampah Gelar Acara Orientasi STBM

21 Februari 2023


 


Zonamerdeka.com, Barito Timur-Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, melalui UPTD Puskesmas Ampah, Kecamatan Dusun Tengah, melaksanakan program Nasional Pertemuan Orientasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) bagi Natural Leader di gedung Biara Sacra Familia Ampah. Hal tersebut disampaikan kepala UPTD Puskesmas Ampah Nelwan Adrius, Selasa (21/2/2023) .


 


Nelwan menjelaskan, sasaran kegiatan tersebut yakni para Kepala Desa dan Kader pada Lokus STBM tahun 2023 di wilayah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. 


 

Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara pemaparan materi tentang STBM 5 pilar dengan meberikan simulasi pengisian formulir STBM bagi kader, kemudian diskusi tanya jawab dengan peserta.  


Kelima pilar tersebut diantaranya, adalah berhenti buang air besar sembanrangan atau Open Defecation Free(ODF), masalah cuci tangan dengan sabun, pengelolaan air minum, pengelolaan limbah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga. 


Untuk pilar satu sampai tiga, kita sudah jalankan dengan baik dan saat ini ada beberapa desa yang sudah laksanakan pilar satu yakni desa Saing, Rodok  dan Ampah Dua. 


Sedangakan target kami (UPTD Puskesmas Ampah red)  kedepan adalah desa-desa lainnya ,seperti desa Putai, Sumber Garunggung, Netampin ,Muara Awang dan Kelurahan Ampah Kota. 


"Kedepan target kita ada empat desa satu kelurahan untuk bisa melaksanakan pilat satu sampai tiga. Sehingga dengan demikian tidak  wilayah Kecamatan Dusun Tengah akan bebas ODF"ucap Nelawan. 


Tak hanya itu, masksud dan tujuan program STBM ,akan terbangun sarana sanitasi yang memadai dimasyarakat melalui upaya -upaya pemberdayaan masyarakat. Jadi program ini dari masyarakat untuk masyarakat, kata Nelwan. 


Diketahii, kegiatan tersebut dihadiri Camat Dusun Tengah Prismayandi dan seluruh kepala desa diwilayah Kecamatan Dusun Tengah. 


(Yulius Yartono ).





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close