Notification

×

Iklan

Iklan

Kadiskan Kabupaten Sukabumi Hadiri Event Festival Durian di Kalapanunggal

14 Februari 2023


 


Kabupaten, Sukabumi, zonamerdeka.com - Kepala Dinas Perikanan, Nunung Nurhayati hadiri acara Event Festival Durian Jayawangi, Bertempat di Agro Mina Wisata Jayawangi, Desa Gunungendut, Kecamatan Kalapanungal Senin , (13/02/2023).


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung menyampaikan bahwa Event Festival Durian Jayawangi merupakan event tahunan Kecamatan Kalapanunggal khususnya Desa Gunungendut yang setiap tahun selalu diadakan.


"Dinas Perikanan turut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan mengisi stand pameran produk hasil perikanan, "ujar Nunung kepada zonamerdeka.com usai dikonfirmasi Selasa, (14/02).


Adapun materi yang ditampilkan selain produk produk olahan juga menampilkan hasil produksi pembudidaya ikan binaan di Desa tersebut diantaranya ikan arwana dan berbagai jenis ikan hias, "tuturnya.


Desa Gunungendut sudah diusulkan ke KKP, karena sebagai Kampung Perikanan Budidaya dengan komoditas Arwana di tempat tersebut merupakan lokasi budidaya arwana yang cukup luas.


Budidaya arwana di desa ini sudh dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu, "imbuhnya.


Ia juga mengatakan jenis arwana yang dikembangkan semula arwan silver kemudia berkembang dengan jenis arwana yang lain seperti Albino, Red Banjar bahkan Super Red.


Dalam kesempatan ini juga disosialisasikan Program Si Bulat Merah yang tahun ini akan dilaksanakan.


Si Bulat Merah merupakan singkatan dari Sistem Budidaya Sidat Segmentasi Murah, yang merupakan program unggulan Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi dalam rangka memberdayakan dan menggalakkan budidaya ikan sidat.


Seperti diketahui Kabupaten Sukabumi merupakan penghasil benih sidat ( glass eel) yang terbesar, namun potensi yang ada tidak diimbangi dengan kegiatan budidayanya. 


Untuk itu Dinas Perikanan memperkenalkan Si Bulat Merah ini dengan tujuan untuk memutus mata rantai budidaya ikan sidat yang memang memerlukan waktu yang lama. 


Dengan adanya system segmentasi ini rantai budidaya bisa diperpendek sehingga pembudidaya ikan bisa menikmati hasll budidayanya dalam waktu yang tidak terlalu lama.


Dalam program ini Dinas Perikanan jugam enggandeng Perumda Agro Sukabumi Mandiri yang diharapkan bisa menjadi off taker dalam pemasaran hasil budidaya nanti.***(Lison)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close