Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kadiskan Kabupaten Sukabumi Hadiri FGD Kolaborasi Ekosistem Bidang Perikanan

24 Februari 2023


 


Sukabumi, zonamerdeka.com - Kepala Dinas Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati hadiri FGD Kolaborasi Ekosistem Bidang Perikanan Dalam rangka Penjajakan kerjasama kolaborasi ekosistem inovasi IT PLN dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, bertempat di Pendopo Sukabumi. Kamis, (23-02-2023).


Hadir juga dalam kegiatan tersebut ASDA II, Kabag Kerjasama, Kabag Ekonomi, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Kominfo, Institut Teknologi PLN, PLN icon dan Subholding PLN dan Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Tangkap, serta tamu undangan.


ASDA II dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan dari pertemuan hari ini, dimana kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi, dan kolaborasi pembangunan yang tepat dengan memanfaatkan teknologi bersama para ahli IT dari PLN, "pungkasnya.


Dalam kesempatan ini juga Dipl-Ing Iwan Tutuka Pambudi M.En,phD menyampaikan beberapa materi, yaitu Peluang kolaborasi dari sektor perikanan yang dapat dikembangkan yaitu melalui pemanfaatan Teknologi Informasi (digitalisasi) dalam meningkatkan produksi perikanan dengan teknologi BlockChain.


Membangun jaringan internet untuk kampung nelayan dengan memanfaatkan dana desa bagi daerah yang tidak terjangkau internet. 


Membangun kampung nelayan yang bersih, sehat dan maju dengan penyediaan air bersih, pengolahan sampah dan pembenahan saluran air dengan berbasis EBT.


Melakukan kerjasama penelitian dalam membangun ekosistem kelautan dan perikanan melalui hibah Kedaireka Matching Fund, Kemenristekdikti, BRIN dll.


Pada pemaparan disampaikan juga secara rinci kebutuhan untuk infrastruktur jaringan desa.


Upaya yang dapat dicapai oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur telekomunikasi dan informasi adalah dengan menyediakan kualitas layanan internet cepat.


Dijelaskan juga mengenai Tekhnologi smart irigasi yaitu membangun sistem irigasi yang hemat air dengan wireless sistem network untuk menentukan titik yg memerlukan air.


Pemerintah kabupaten Sukabumi menyambut baik upaya kolaborasi dan kerjasama yang dipaparkan oleh IT PLN, dimana dengan melihat potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi diperlukan sentuhan langsung dari berbagai pihak dengan menentukan langkah konkrit bersama untuk mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat lahir dan bathin, sebagai penutup disampaikan selanjutnya akan dilaksanakan pembahasan internal dan untuk ditindaklanjuti dengan masing- masing OPD


Dengan harapan Program yang di paparkan dapat di implementasikan secara tepat guna dan tepat sasaran, sehingga kolaborasi ini menghasilkan bukti nyata dan berkelanjutan untuk mendorong kehidupan masyarakat perikanan ke arah yang lebih baik. ***(Lison)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close