Notification

×

Iklan

Iklan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Ir. Heri Antoni, M.Si : Jadikan Peran Reuni Sebagai Pemacu Aktivitas Perekonomian Lokal

15 Februari 2023


 


Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Salah satu anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi dari fraksi PAN (Partai Amanat Nasional), Ir. Heri Antoni, M.Si., mengakatakan bahwa peran reuni bukan hanya Sekedar CLBK melainkan sebagai pemacu aktivitas perekonomian lokal.


Hal ini dikatakannya menjelang acara reuni alumni SMAN 1 Kota Prabumulih, Provinsi Sumsel (Sumatera Selatan) dalam rangka reuni akbar lintas angkatan yang akan dilaksanakan pada sabtu, 06 Mei 2023 mendatang.


"Bukan CLBK, Reuni Sekolah dari Sudut Pandang Kesehatan dan Perekonomian Lokal, "kata Ir. Heri Antoni salah satu Alumni SMAN 1 Prabumulih Angkatan tahun 1982 saat dikonfirmasi zonamerdeka.com, Rabu, (15/02/2023).


"Sebagai pandangan saya tentang apa itu reuni, karena tak lama lagi alumni SMAN 1 Prabumih akan menggelar reuni akbar lintas angkatan, "Ungkapnya.


Ia juga mengatakan reuni disini harus dilihat dari sisi kemanfaatannya bagi semua dan bagi para alumni, bagi Sekolah, serta bagi warga prabumulih dan bagi pemerintah daerah. 


Selain itu, "dalam sudut pandang kesehatan bagi alumni yang saat ini rata-rata sudah berambut putih, reuni adalah salah satu cara menjaga kesehatan, khususnya otak dan jantung, "kata dia usai mengutip narasi konten medsos @kangented, Profesor Ganesha, salah satu ahli jantung Indonesia di rumah sakit Harapan Kita.


Sementara, reuni atau apapun istilahnya adalah salah satu upaya mempertemukan kembali yang dulu pernah bersama. Sebagai upaya mencari eksistensi diri yang mulai pupus dari memori karena dimakan usia.


Lanjut Heri, "Dimana memutar kembali memori adalah upaya mencegah Alzheimer yang memang pada suatu saat akan menghampiri kita semua, "ujarnya.


Masih dari konten yang sama, Psikolog Universitas Indonesia, Bagus Takwin menyebut kenangan reuni merupakan semacam sarana untuk melihat kembali diri kita beberapa tahun kebelakang.


Dimana melalui sebuah reuni seorang juga bisa mendapatkan self esteem. Dimana saat reuni pasti bertemu dengan teman-teman lama yang tentunya tahu kita yang dulu, disaat itu juga kita mengetahui teman-teman lama.


Menurutnya, Reuni juga adalah salah satu jalan menyambung dan memelihara persaudaraan, persahabatan dan menjadi sebuah silaturahmi yang sangat dianjurkan.


Sementara itu, untuk mencapai hal positif bagi kesehatan dari reuni. Diperlukan sikap sederajat, jiwa besar, toleran dan mau menahan diri. Bersedia menanggalkan semua atribut, jabatan, status sosial, kekayaan dan lainnya. Tampil menjadi diri kita yang doeloe seperti waktu masih sama-sama di sekolah.


Reuni juga harus mampu mendorong perekonomian Daerah. Dimana Reuni adalah ajang mendorong laju perekonomian lokal, disini kita bicara kota tercinta Prabumulih.


"Sebut saja Kota Nanas (Prabumulih) ini akan mendapatkan dampak positif dari ajang reuni akbar SMAN 1 Prabumulih, "kata Heri.


Selain itu, juga akan berdampak pada para pengusaha catering, hiburan (organ tunggal dan karaoke), hotel & penginapan, restoran makanan khas daerah, warung pempek dan makanan daerah, rental mobil, usaha cinderamata dan oleh-oleh dan masih banyak usaha lainnya.


Coretan sederhananya seperti ini, jika setiap alumni SMAN 1 yang datang dari luar Prabumulih membelanjakan uangnya minimal Rp 3 juta per orang, berapa rupiah yang akan berputar di kota ini selama masa tersebut. 


"Jika yang datang 500 dari luar daerah, minimal dimasa itu reuni ini ada kurang lebih Rp 1,5 Miliar uang yang beredar. Belum lagi dari para alumni yang di Prabumulih, "tuturnya.


Jangan lupakan dibalik reuni besar atau akbar, ada pertemuan kecil kelompok alumni. Biasa di rumah makan, restoran atau apapun yang akan memberikan sumbangsih tidak sedikit bagi pelaku usaha di Prabumulih.


Ini baru dari satu sekolah, bisa dibayangkan jika semua kegiatan reuni dilaksanakan oleh semua sekolah di Prabumulih, berapa banyak uang yang berputar tiap tahun hanya dari acara reuni.


Acara seperti ini memang tidak salah jika digelar diluar Kota Prabumulih, seperti Jakarta karena bisa jadi ajang promosi daerah, akan tetapi lebih baik jika diadakan di Kota tercinta ini. Dampak  ekonominya akan lebih dirasakan oleh warga tercinta di Prabumulih.


"Jadi reuni adalah ajang kebaikan, menjaga kesehatan kita bersama mendorong perekonomian daerah, "tutupnya.***(Lison)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close