Notification

×

Iklan

Iklan

Sosok Hasnaeni Moein, 'Wanita Emas' yang Jadi Tersangka Kejaksaan Agung

23 September 2022


 

Hasnaeni Moein menjadi sosok yang dicari di internet, siapa dia? Hasnaeni Moein yang juga mempunyai julukan sebagai "Wanita Emas" itu ditahan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

 

Dikutip dari detik.com, Kejagung melakukan penahanan terhadap Hasnaeni Moein tersangka kasus korupsi dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2022. Hasnaeni Moein sebagai Direktur Utama PT Misi Mulia Metrical.




Hasnaeni Moein Jadi Tersangka Kejagung


Hasnaeni Moein atau biasa dikenal dengan sebutan 'wanita emas' ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung. Hasnaeni Moein ditetapkan sebagai tersangka karena diduga terlibat dalam kasus jual beli proyek dengan PT Waskita Beton Precast.

 

 

Dalam perkara tersebut, Kejaksaan Agung (Kejagung) sebelumnya menetapkan empat orang tersangka. Kini, Kejagung menambah dua tersangka lagi, yakni berinisial HJ dan H alias Hasnaeni. Hasnaeni Moein siapa? Hasnaeni Moein adalah Direktur Utama PT Misi Mulia Metrical (MMM).



Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Kuntadi, mengungkapkan bahwa Hasnaeni menawarkan pekerjaan ke PT Waskita Beton Precast (WBP) dengan syarat PT WBP membayarnya.

Kejagung mengatakan bahwa uang dari PT WBP yang telah ditransfer ke rekening PT MMM tersebut yang semulanya diperuntukan membayar setoran modal ke konsorsium PT Pembangunan Perumahan Semarang-Demak akan tetapi ternyata uang tersebut malah digunakan secara pribadi oleh Tersangka Hasnaeni.



Peran Hasnaeni Moein di Kasus Korupsi


Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana kemudian merinci peran Hasnaeni Moein 'wanita emas' dalam kasus korupsi penyimpangan atau penyelewengan penggunaan dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2020. Berikut ini peran Hasnaeni dalam kasus tersebut:

  • Menjanjikan pekerjaan di proyek tol Semarang-Demak dan bersama-sama AW menandatangani Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor : 003/M3-SPK/XII/2019 tanggal 18 Desember 2019, namun tidak dapat dilaksanakan;
  • Memerintahkan staf untuk membuat dokumen penagihan fiktif atas material batu split yang tidak pernah dikirimkan ke BP Lalang & BP Tebing Tinggi;
  • Menerima aliran uang dari PT Waskita Beton Precast, Tbk atas kontrak pengadaan fiktif material batu split sebesar Rp. 16.844.363.402,-

 

Kejagung juga menyebutkan bahwa negara telah merugi atas perbuatan Hasnaeni. Kejagung mengungkapkan total kerugian negara atas kasus tersebut sebesar Rp 2,5 triliun.



Hasnaeni dijerat melanggar Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 juncto Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



Sosok Hasnaeni Moein 'Wanita Emas' Dulunya Artis



Hasnaeni Moein siapa? Hasnaeni Moein yang dikenal sebagai 'wanita emas' ternyata dulunya pernah dikenal sebagai artis. Hasnaeni Moein sempat membintangi sinetron Jin dan Jun dan Saras 008. Kala itu ia lebih dikenal dengan panggilan Mischa S Moein.



Seperti dilansir detikHot, nama Moein sendiri diambil dari nama belakang ayahnya, mantan anggota DPR yang pernah heboh karena terseret kasus foto syur. Selain pernah membintangi sinetron/film, Hasnaeni Moein juga memiliki production house.



Setelah tidak lagi aktif di dunia artis, Hasnaeni Moein terjun ke ranah bisnis. Dirinya kala itu pernah mengaku lebih enak menjadi pengusaha daripada artis. Dunia keartisan ditinggalkannya karena harus banting tulang, bekerja dari pagi hingga malam, padahal penghasilannya tidak seberapa.



Deretan Kontroversi Hasnaeni Moein 'Wanita Emas'



Sebelum terjerat kasus korupsi, Hasnaeni Moein 'wanita emas' sudah kerap menuai kontroversi. Dirangkum detikcom, Kamis (22/9) berikut ini deretan kontroversinya.


Pernah dilaporkan atas dugaan penipuan tender proyek jalan di Jayapura pada 2016.
Pernah menantang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilgub DKI 2017.


Pernah gencar memasang spanduk hingga reklame saat hendak maju dalam Pilgub DKI, namun salah satu papan reklamenya disegel Pemprov DKI.


Pada 2020 pernah memicu kehebohan saat membagi-bagikan uang di Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Pada 2021 pernah mengantarkan langsung karangan bunga ke Balai Kota DKI Jakarta dengan menagih janji penanganan banjir yang diucapkan Gubernur DKI Anies Baswedan.


Acara bagi-bagi duit dan masker yang dilakukan di Dermaga Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pernah berujung kisruh.

Demikian informasi untuk menjawab pertanyaan Hasnaeni Moein siapa? Hasnaeni Moein kini ditangkap Kejagung dan ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dana PT Waskita Beton Precast.

 

 





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close