Notification

×

Iklan

Iklan

Pemda Nisbar Gelar Acara Ramah Tamah Dan Syukuran Tahun Baru

16 Januari 2023


 


ZONAMERDEKA.COM / Nias Barat / –  Pemerintah Kabupaten Nias Barat menggelar acara ramah tamah dan syukuran tahun baru 2023 dengan tujuan untuk membangun kebersamaan, silaturahmi dan wujud ungkapan rasa syukur atas penyertaan Tuhan yang Maha Kuasa dalam kehidupan kita masing-masing, yang dilaksanakan di halaman Rumah Dinas Bupati Nias Barat, Onolimbu-Lahomi, Rabu 04/01/2023 


Pada sambutannya Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengatakan bahwa "Bagi kita orang percaya kepada Tuhan yang Maha Kuasa, pelaksanaan ramah tamah dan syukuran tahun baru, merupakan ajang silaturahmi antara pemerintah Kabupaten Nias Barat dengan masyarakat dan juga merupakan momentum bagi kita untuk bersyukur dan berterimakasih atas segala limpahan kasih dan penyertaan Tuhan dalam kehidupan kita masing-masing". Katanya 


Seterusnya Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa "Pemerintah Kabupaten Nias Barat patut bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan, karena walaupun sejak awal kepemimpinannya sebagai Bupati Nias Barat, banyak menghadapi  tantangan dan rintangan yang cukup berat, yaitu pandemi Covid-19, namun secara perlahan Nias Barat mampu bangkit dan meraih berbagai prestasi melalui berbagai kebijakan, program dan kegiatan yang telah dilaksanakan".ucapnya


Di masa kepemimpinannya, untuk pertama kali sejak Nias Barat terbentuk, Kabupaten Nias Barat meraih opini WTP atas LHP BPK RI Perwakilan Sumatera Utara terhadap LKPD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021.


Ia juga mendapatkan penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif atas inovasi layanan ambulans gratis 24 jam Soguna ba Zato, yang diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.


Kemudian, pada Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 kategori Kabupaten/Kota, Kabupaten Nias Barat meraih Juara IV dengan Inovasi program pemberian santunan duka yang diinisiasi oleh Bupati Nias Barat sejak awal Januari 2022.


Dalam pelayanan publik, khususnya pelayanan perizinan terpadu satu pintu, Kabupaten Nias Barat mendapatkan Nilai B berdasarkan hasil penilaian Kementerian PAN-RB dan berdasarkan nilai tersebut, Nias Barat berada pada posisi tertinggi di antara Kabupaten/Kota lainnya di Pulau Nias.


Selanjutnya, dalam hal keterbukaan informasi publik, berdasarkan hasil evaluasi Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara sebagai lembaga independen, Nias Barat mendapatkan anugerah keterbukaan informasi publik dengan predikati Menuju Informatif.


Pada tahun ini juga, lanjut Bupati Nias Barat, berdasarkan pengukuran indeks pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan oleh Provisi Sumatera Utara, Nias Barat mendapatkan nilai B dan dan lagi-lagi merupakan nilai tertinggi di antara Kabupaten/Kota se Kepulauan Nias dan urutan ke-6 di antara 33 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.


Puncak dari semua prestasi dan penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Nias Barat pada penghujung tahun 2022, sebagai hadiah dan kado Natal dan Tahun Baru bagi seluruh warga Nias Barat, untuk pertama kalinya dan satu-satunya di Pulau Nias bahkan di antara 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Nias Barat mendapat penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 dari Menteri Dalam Negeri dengan Predikat Kabupaten Terinovatif kategori daerah tertinggal.


Selain berbagai prestasi yang telah diraih pemerintah Kabupaten Nias Barat sepanjang tahun 2022, beberapa indikator makro pembangunan daerah juga menunjukan hasil yang positif.


Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nias Barat mencapai 2,26, berada di atas Kota Gunungsitoli yaitu 2,25 persen dan Kabupaten Nias 2,21 persen. IPM Nias Barat mencapai 62,92 poin, melampaui target yang telah ditetapkan dalam RPJMD yaitu 61,71 poin dan persentase penduduk miskin pada tahun 2022 mengalami penurunan, bahkan melampaui capaian 2 periode kepala daerah sebelumnya yaitu 24,75 persen dari 26,42 persen pada tahun 2021.


Apa yang telah diraih dan dicapai oleh pemerintah Kabupaten Nias Barat, menurut Bupati Khenoki Waruwu, masih terdapat kelemahan dan kekurangan. Iapun berharap agar semua pihak dapat bekerjasama, bergandengan tangan dan bersinergi untuk mendukung program pemerintah dan pembangunan di Nias Barat.


Sebelumnya, Hermit Hia, S.IP, dalam sambutannya mewakili tokoh masyarakat, sangat mengapresiasi capaian pembangunan dan prestasi yang telah diraih oleh pemerintah Kabupaten Nias Barat. Menurutnya, prestasi yang telah diraih adalah bukti nyata dan fakta keberhasilan penyelenggaraan pemerintah di bawah kepemimpinan Khenoki Waruwu.


Iapun meminta agar capaian pembangunan dan prestasi yang telah diraih dilanjutkan untuk Soguna ba Zato.


“Ini fakta, terbukti nyata, tanpa melebih-lebihkan. Lanjutkan, untuk kepentingan masyarakat banyak (Tohugo, Soguna ba Zato)”, kata Hermit Hia, mantan Wakil Bupati Nias Barat Periode 2011-2016 yang juga Ketua Tim Pemenangan Khenoki-Era Era.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat, Drs. Evolut Zebua. Menurutnya, prestasi yang telah diraih oleh pemerintah Kabupaten Nias Barat merupakan hal yang perlu diapresiasi, walaupun tidak dipungkiri masih terdapat beberapa hal yang perlu mendapat perhatian bersama pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Nias Barat.


Des Zeb





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close